Buku Mukhtashar Shahih Al Bukhari

Buku Mukhtashar Shahih Al Bukhari (Ringkasan Shahih Al Bukhari) disusun oleh Al-Imam Zainudin Ahmad bin Abdul Lathif az-Zabidi dan diterbitkan oleh Penerbit Darul Haq. Shahih al-Bukhari adalah kitab paling shahih setelah al-Qur`an, kemudian disusul Shahih Muslim. Oleh karena itu, kepada siapa pun yang ingin mengkaji Islam secara fundamental dan baik, bahkan secara akademis, hendaklah memprioritaskan mempelajari kedua kitab shahih ini setelah al-Qur`an.

Di samping itu, kedua kitab shahih ini memuat hadits-hadits Nabi yang paling pokok, baik dalam masalah akidah maupun syariat amaliah, dan karena itu harus menjadi fokus dalam semua skala kajian dan pengajaran.

Hanya saja, Kitab Shahih al-Bukhari yang asli, terkesan sulit dinikmati oleh banyak kalangan, karena memuat riwayat-riwayat hadits lengkap dengan sanadnya, juga pengulangan, dan sebagainya.

Buku Mukhtashar Shahih Al Bukhari

Menyadari begitu pentingnya kedudukan Shahih al-Bukhari ini, tetapi sangat berat untuk dikaji, wallahu a’lam, muncullah ide untuk menyederhanakan dan mengintisarikannya sehingga dapat dikaji oleh semua lapisan kaum Muslimin. Maka muncullah buku kita ini, yang menempuh langkah-langkah:

  • Pertama, menghapus sanad-sanadnya.
  • Kedua, menghapus pengulangan-pengulangan.
  • Ketiga, mempertahankan judul-judul “kitab” serta susunan hadits sebagaimana yang diletakkan oleh Imam al-Bukhari, yang dengan ini Shahih al-Bukhari tersaji secara lengkap tetapi praktis.

Di samping itu, teks-teks riwayat hadits telah diverifikasi berdasarkan apa yang dibakukan oleh al-Hafizh Ibnu Hajar dalam Fathul Bari yang merupakan Syarah Shahih al-Bukhari terbaik hingga saat ini, sehingga kitab ini benar-benar tersaji secara ilmiah dan valid sebagaimana yang diletakkan oleh Imam al-Bukhari.

Dan yang semakin menambah mudah dan praktis mengkaji kitab ini, adalah berbagai anotasi ilmiah yang dilakukan oleh kedua orang muhaqqiq edisi ini, dan ini adalah keistimewaan edisi ini:

  • Teks hadits dilengkapi harakat yang akurat dan detil.
  • Kosa-kosa kata yang sulit, dijelaskan maknanya oleh kedua orang muhaqqiq, yang diletakkan di catatan kaki, yang dengan ini akan semakin memudahkan memahami isinya.
  • Meletakkan semua judul bab berdasarkan Shahih al-Bukhari, sehingga fikih Imam al-Bukhari terhadap setiap hadits juga tersaji jelas.
  • Muhaqqiq mentakhrij setiap hadits dengan penomoran yang ilmiah dan detail.

Kesimpulannya, sekalipun Buku Mukhtashar Shahih Al Bukhari ini ringkasan, akan tetapi isi dan kandungan utama Shahih al-Bukhari termuat secara utuh dan mengkajinya menjadi lebih mudah.

Dapatkan buku ini hanya di Tokobukumuslim, Toko buku islam online terpercaya, Teman Setia Anda mencari Ilmu Agama.

Leave a Reply