Buku Muhammad Al Fatih Sang Penakluk Konstantinopel

Buku Muhammad Al Fatih Sang Penakluk Konstantinopel – Dr. Ali Muhammad Ash Shalabi – Al Wafi Publishing. Muhammad al-Fatih adalah salah seorang raja atau sultan Kerajaan Utsmani yang paling terkenal. Ia merupakan sultan ketujuh dalam sejarah Bani Utsmaniah. Al-Fatih adalah gelar yang senantiasa melekat pada namanya karena dialah yang mengakhiri atau menaklukkan Kerajaan Romawi Timur yang telah berkuasa selama 11 abad.

Sultan Muhammad al-Fatih memerintah selama 30 tahun. Selain menaklukkan Binzantium, ia juga berhasil menaklukkan wilayah-wilayah di Asia, menyatukan kerajaan-kerajaan Anatolia dan wilayah-wilayah Eropa, dan termasuk jasanya yang paling penting adalah berhasil mengadaptasi menajemen Kerajaan Bizantium yang telah matang ke dalam Kerajaan Utsmani.

Kalau ada sosok yang ditunggu-tunggu kedatangannya sepanjang sejarah Islam, dimana setiap orang ingin menjadi sosok itu, maka dia adalah sang penakluk Konstantinopel. Bahkan para shahabat Nabi sendiri pun berebutan ingin menjadi orang yang diceritakan Nabi shalallahu’alaihi wasallam, dalam sabdanya.

Betapa tidak, beliau Nabi shalallahu’alaihi wasallam memang betul-betul memuji sosok itu. Beliau bersabda, “Kota Konstantinopel akan jatuh ke tangan Islam. Pemimpin yang menaklukkannya adalah sebaik-baik pemimpin, dan pasukan yang berada di bawah komandonya adalah sebaik-baik pasukan.” (HR. Ahmad bin Hanbal Al Musnad 4/335). Puluhan khalifah dan pemimpin negeri Islam telah melakukan berbagai upaya untuk bisa mewujudkan nubuwat Rasulullah shalallahu’alaihi wasallam, ratusan ribu umat islam telah menjadi syuhada demi mewujudkan janji sang nabi akhir zaman. Dan, setelah penantian lebih 800 tahun, janji itu akhirnya menjadi kenyataan. Muhammad Al Fatih, yang sejak belia selalu diyakinkan oleh penasehat spiritualnya Syaikh Aaq Syamsuddin, bahwa dirinyalah yang kelak akan menaklukkan Konstantinopel, akhirnya menjelma sebagai pemimpin muslim yang mampu mewujudkan kebenaran janji sang Nabi.

Dengan kekuatan 250.000 prajurit, dan setelah pengepungan yang meletihkan, pada hari selasa, 29 Mei 1453, bertepatan dengan 20 Jumadal Ula 857, Jatuhlah kebesaran Konstantinopel melalui tangan sang Penakluk, Muhammad Al Fatih.

Buku Muhammad Al Fatih Sang Penakluk Konstantinopel

Resensi Buku Muhammad Al Fatih Sang Penakluk Konstantinopel ini merupakan karya seorang penulis terkemuka abad 21, Dr. Ali Muhammad Ash Shalabi, seorang pakar sejarah yang memiliki karya-karya besar di bidang sejarah. Torehan kisah Muhammad al Fatih yang tertuang dalam buku ini bukan sekadar sejarah yang tersurat, namun juga sarat dengan kandungan makna yang tersirat, hikmah dan pelajaran tentang penaklukan terbesar dalam sejarah umat Islam. Karenanya, buku ini merupakan sebuah bacaan bagi mereka yang menginginkan terulangnya kembali sejarah kegemilangan umat Islam.

Selamat membaca..

  • Cara Mudah Pesan Buku di Tokobukumuslim.com :
  • Kirim pesan ke: 0856 10 800 50 (SMS-WhatsApp) atau BBM 5701AFF9
  • Format: Pesan – Judul Buku – Jumlah – Nama Penerima – Alamat Lengkap

Leave a Reply