Buku Hukum Meminta Minta Dan Mengemis Dalam Syariat Islam

Buku Hukum Meminta Minta Dan Mengemis Dalam Syariat Islam, karya Yazid bin Abdul Qadir Jawas, Diterbitkan oleh Penerbit Pustaka At Taqwa. Islam tidak mensyari’atkan meminta-minta dengan berbohong dan menipu. Alasannya bukan hanya karena melanggar dosa, tetapi juga karena perbuatan tersebut dianggap mencemari perbuatan baik dan merampas hak orang-orang miskin yang memang membutuhkan bantuan.

Banyak dalil yang menjelaskan haramnya meminta-minta dengan menipu dan tanpa adanya kebutuhan yang mendesak. Salahsatunya yang diriwayatkan dari Sahabat ‘Abdullah bin ‘Umar Radhiyallahu ‘anhuma, ia berkata: Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Seseorang senantiasa meminta-minta kepada orang lain sehingga ia akan datang pada hari Kiamat dalam keadaan tidak ada sekerat daging pun di wajahnya” HR al-Bukhâri (no. 1474).

Baca juga Hukum Lagu Musik dan Nasyid Menurut Syariat Islam

Pada zaman sekarang ini, minta-minta dan mengemis disanggap suatu hal yang biasa bahkan dijadikan sebagai mata pencaharian. Fenomena ini terus berkembang dan memiliki beragam pola serta perangkat-perangkat yang mampu menunjang perkembangannya. Oleh karena itu, untuk mengatasi dan menanggulanginya juga membutuhkan kerja keras.

Buku Hukum Meminta Minta Dan Mengemis Dalam Syariat Islam

Minta-minta dan mengemis dalam Islam merupakan kehinaan, bahkan Rasulullah mengancam bahwa orang yang minta-minta pada hakikatnya ia meminta bara api dan akan mencakar wajahnya pada hari Kiamat serta ia akan datang pada hari Kiamat dalam keadaan tidak ada sekerat daging pun di wajahnya. Banyak sekali hadits-hadits yang mengancam orang-orang yang selalu minta-minta dan mengemis tanpa ada keperluan.

Dalam buku ini penulis jelaskan pandangan syari’at Islam tentang minta-minta atau mengemis, keutamaan orang yang bersyukur, merasa cukup dan puas dengan rezeki yang Allah berikan, dan selainnya.

Dapatkan buku ini hanya di Tokobukumuslim, Toko buku islam online terpercaya, Teman Setia Anda mencari Ilmu Agama

Leave a Reply